Jumat, 18 Oktober 2013

MAKALAH PERBANKAN PEMBUATAN KARTU KREDIT

Pada umumnya Bank menyediakan jasa pembuatan kartu kredit, dimana kartu kredit merupakan kartu yang mirip dengan kartu ATM atau kartu debet. Akan tetapi kartu kredit dapat digunakan meski tidak ada saldo namun dapat dibayar setelah menggunakan begitupun sebaliknya.
Kartu kredit bukanlah uang tunai melainkan kartu yang dikeluarkan oleh Bank atau bada yang menyediakan pembuatan kartu kredit. Cara Membuat Kartu Kredit itu mudah, kadang juga sulit dalam membuat kartu kredit dan memilikinya, itu semua tergantung dari cara dan langkahnya. Dalam kesempatan ini saya ingin membagikan tutorial dan Informasi tentang  Cara Membuat Kartu Kredit untuk anda. Secara Umum Kartu Kredit adalah sebuah Alat atau fasilitas berbentuk kartu dengan menggunakan Sistem kartu kredit untuk penyelesaian transaksi ritel (retail) dengan sistem kredit yang diterbitkan kepada pengguna oleh sebuah bank. Kartu kredit sangat berbeda dengan kartu debit. Perbedaanya adalah apabila kartu kredit penerbit kartu kredit meminjamkan uang kepada konsumennya sedangkan kartu debit dalam bertransaksi menggunakan/mengambil uang dari tabungan yang dimiliki oleh nasabah/konsumen yang bersangkutan.







Berikut beberapa langkah mudah dan ketentuan pembuatan kartu kredit (di bank BCA)

  1. Tata cara syarat dan manfaat
  1. Datang ke kantor Bank BCA (di sarankan ke kantor pusat, layanan lebih cepat) jangan datang hari sabtu, minggu dan hari libur nasional, juga jangan datang selain jam kerja alias di atas jam 3 sore karena saya jamin anda tidak akan di layani he he he
  2. Jika Belum memiliki tabungan harap membuka tabungan BCA dengan tabungan awal 500rb, jika sudah ada langsung ke langkah berikut
  3. Hubungi CS bagian Layanan kartu kredit (BCACard/MasterCard/VISA/JCB), kalo gak tau. tanya pak satpam, biasanya ada di pintu depan
  4. Isi formulir Registrasi dengan menunjukan KTP lokal (nanti nya akan di foto kopi), dan buku tabungan BCA
  5. Untuk proses persetujuan ada 2 model yaitu dengan atau tanpa jaminan :
    • tanpa jaminan
      harus memiliki slip gaji jika PNS atau
      bagi wiraswasta, akan ada survey selama 2 bulan untuk melihat history transaksi rekening bca anda apakah layak untuk jaminan menggunakan kartu kredit atau tidak
    • menggunakan jaminan
      untuk menggunakan jaminan, cukup mudah dan proses lebih cepat, yakni hanya 2 minggu
      Minimal jumlah rekening adalah 3 jt untuk jaminan, dan akan di lock (tetap ada di dalam rekening namun tidak dapat di gunakan), berhubung jaminan 3jt jadi maksimal transaksi kartu kredit juga 3jt. dan jika anda ingin bertransaksi lebih besar dari 3jt , anda cukup menambahkan uang jaminan ke jumlah yang anda inginkan
  6. jika kartu sudah aktif, maka kartu akan di antar ke rumah anda, enak khan
  7. untuk pilihan kartu ada beberapa macam, saya agak lupa, ada silver biasa dengan iuran/tahun kalo gak salah Rp. 75.000,- dan ada gold dengan karakter kartun Tazmanian Devil dan Bugs Bunny Untuk Master Card dan Kartu Kredit BCA Visa Batman dan juga Kartu Astrawolrd BCA Card yang iuran pertahunnya adalah Rp.125.000,- untuk kartu gold dan anda akan mendapatkan beberapa layanan tambahan jika menggunakannya di marchant yang bekerja sama dengan kartu kredit yang kita gunakan. seperti : Starbucks Coffee, Cineplex 21, Hard Rock Cafe, Pizza Hut, Bakerz In, Krispy Kreme, PT.MAP Sports, G2000, G2000 Blu, Celebrity Fitness, Ace Hardware, Index Furnishing, Electronic City, Agis dan masih banyak lagi.
  8. untuk penggunaan : tidak akan di kenakan bunga jika pembayaran tepat waktu, supaya gak kena bunga, anda bisa memilih layanan auto debet, jadi rekening anda akan terpotong otomatis jika sudah waktunya pembayaran, jadi anda gak usah kuatir dan takut talat datang bulan he he he maksudnya datang tagihan bulanan.
  9. sedikit catatan : utuk memiliki kartu kredit visa atau master card atau yang lainnya, di wajibkan memiliki BCA CARD, jadi nantinya kita akan memiliki 2 (dua) kartu kredit, yaitu dari BCA sendiri dan juga dari VISA / MasterCard, dan BCA CARD otomatis kita dapatkan pada saat pengurusan Kartu Kredit
  10. Sedikit catatan lagi : untuk Pencairan PayPal ke Kartu Kredit BCA atau dari mana saja tidak bisa lebih besar dari jumlah limit yang kita punya, contohnya : jika limit saya 5jt dan saya ingin mencairkan uang dari pay pal sebesar 10jt maka hal itu tidak akan bisa walaupun anda ingin menaikan limit anda, tidak akan di terima, jadi jika ingin menaikan limit, maka lakukan lah jauh jauh hari sebelum anda akan menerima pencairan
Berikut Saya Sertakan Juga Beberapa Syarat Dan Ketentuan yang berlaku untuk beberapa hal dan layanan yang belum sempat saya paparkan di atas
Ketentuan :
  1. Usia minimum Pemegang Kartu Tambahan 17 tahun, maksimum
    65 tahun
  2. Kartu Kredit BCA Silver untuk pendapatan minimal Rp.24 juta
  3. Kartu Kredit BCA Gold untuk pendapatan minimal Rp.50 juta
  4. Kartu Kredit BCA Platinum untuk pendapatan minimal Rp.300 juta
  5. Menyertakan dokumen yang diperlukan.
Dokumen yang diperlukan : (Untuk Pembuatan Kartu Kredit Tanpa Jaminan)
  1. Wiraswasta
    • Copy KTP/SIM
    • Copy Rekening Koran 3 bulan terakhir
    • Copy Akte Pendirian Perusahaan/SIUP
  2. Karyawan
    • Copy KTP/SIM
    • Surat Keterangan Penghasilan
    • Rekening Kartu Kredit 3 bulan terakhir
  3. Dokter/Notaris
    • Copy KTP/SIM
    • Copy Surat Ijin Praktek
  4. WNA
    • Copy KTP/SIM
    • Copy PasportKITAS
    • Surat Keterangan Penghasilan
  5. Pemindahan Saldo
    • Copy KTP/SIM
    • Rekening Kartu Kredit 3 bulan terakhir
* Semua dokumen yang telah dikirimkan tidak dapat dikembalikan
Iuran dan Bunga Angsuran
  1. Iuran Tahunan Kartu Utama
    • BCACard/MasterCard/VISA/JCB
      Silver/Kartu (Rp. 75.000,-)
      Gold/Kartu (Rp.125.000,-)
    • MasterCard mc2/ VISA Batman (Rp. 125.000,-)
  2. Iuran Tahunan Kartu Tambahan
    • BCACard/MasterCard/VISA/JCB
      Silver/Kartu (Rp. 50.000,-)
      Gold/Kartu (Rp.50.000,-)
    • MasterCard mc2/ VISA Batman (Rp. 100.000,- )
  3. Iuran Tahunan Kartu Kredit BCA Platinum
    • Basic – Kartu Kredit BCA Gold (FREE) *)
    • Kartu Utama (Rp.450.000,-)
    • Kartu Tambahan (Rp.250.000,-)
Keterangan:
BCA berhak mengubah suku bunga dengan pemberitahuan dahulu kepada pemegang Kartu dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
*) Gold Card BCA Fee Annual 1st Free – VISA jenis Platinum kredit kartu mengeluarkan baru ini
Sumber Gambar, Ketentuan dll : www.klikbca.com
Sumber Info : http://www.ridhocyber.web.id/cara-pembuatan-kartu-kredit-di-bank-bca


BAB II
KARTU KREDIT SECARA UMUM
  1. A.  CARA PEMBUATAN KARTU KREDIT DAN MANFAATNYA

Cara Membuat Kartu Kredit itu mudah, kadang juga sulit dalam membuat kartu kredit dan memilikinya, itu semua tergantung dari cara dan langkahnya. Dalam kesempatan ini saya ingin membagikan tutorial dan Informasi tentang  Cara Membuat Kartu Kredit untuk anda. Secara Umum Kartu Kredit adalah sebuah Alat atau fasilitas berbentuk kartu dengan menggunakan Sistem kartu kredit untuk penyelesaian transaksi ritel (retail) dengan sistem kredit yang diterbitkan kepada pengguna oleh sebuah bank. Kartu kredit sangat berbeda dengan kartu debit. Perbedaanya adalah apabila kartu kredit penerbit kartu kredit meminjamkan uang kepada konsumennya sedangkan kartu debit dalam bertransaksi menggunakan/mengambil uang dari tabungan yang dimiliki oleh nasabah/konsumen yang bersangkutan.
Cara Membuat Kartu Kredit ini bisa di Lakukan di Bank manapun yang menerbitkan Kartu Kredit. Akan tetapi sebelum anda membuat sebuah kartu kredit sebaiknya anda perlu menyeting mainset pikiran anda;  “Kartu kredit bukanlah uang tunai” Kartu kredit wajib dipahami sebagai ekstensi dari dompet anda. Batas limit di kartu kredit anda, bukan sebagai patokan bahwa anda memiliki uang ekstra sejumlah itu. Sehingga bisa dengan bijak menggunakan dan memanfaatkan kartu kredit yang anda miliki. Menggunakan Kartu Kredit dengan bijak dan benar merupakan gambaran finansial anda dimasa yang akan datang, sehingga dapat digunakan oleh pihak yang bersangkutan atau berkepentingan dalam menilai kesehatan finansial anda (keuangan anda). Pada saat anda membutuhkan bantuan pinjaman  lain, anda bisa dengan mudah mendapatkannya apabila anda menggunakan kartu kredit  dengan benar dan bijak.
Oke kita mulai saja tutorial Cara Membuat Kartu Kredit atau Cara Bikin Kartu Kredit. Dalam membuat Kartu Kredit anda harus memenuhi Syarat-syarat yang dibutuhkan serta melakukan langkah-langkahnya. Syarat Pembuatan Kartu Kredit biasanya sama pada bank-bank penerbit. Diantara Syarat-Syarat yang diperlukan diperlukan diantaranya :
  1. Untuk Perorangan, Syarat yang diperlukan diantaranya : Fotocopy KTP/SIM Pemohon, Surat Keterangan Penghasilan atau Slip Gaji, Fotocopy  Tabungan aktif selama 3 bulan, Foto copy Kartu Kredit (bila telah memiliki kartu kredit).
  2. Untuk Karyawan Swasta/Negeri, Fotocopy KTP/SIM Pemohon, Surat Keterangan Penghasilan atau Slip Gaji, Fotocopy  Tabungan aktif selama 3 bulan, Foto copy Kartu Kredit (bila telah memiliki kartu kredit).
  3. Untuk Wiraswasta: Fotocopy KTP/SIM Pemohon, Fotocopy Akte Pendirian Usaha (SIUP), Fotocopy Penghasilan Usaha, Fotocopy  Tabungan aktif selama 3 bulan, Foto copy Kartu Kredit (bila telah memiliki kartu kredit).
  4. Untuk Warga Negara Asing (WNA), Foto copy KTP/SIM Pemohon, Fotocopy Pasport atau KITAS, serta serta surat keterangan penghasilan (Slip Gaji).
  1. Langkah-langkah Pembuatan Kartu Kredit :
  1. Mendatangi ke bank Penerbit Kartu Kredit yang bersangkutan pada hari kerja dengan membawa Syarat-syarat pembuatan Kartu kredit atau dokumen yang dibutuhkan.
  2. Menuju ke bagian Customer Service Kartu Kredit (CS Kartu Kredit).
  3. Mengisi Formulir aplikasi Kartu Kredit dan menandatangani Aplikasi tersebut.
  4. Menunggu masa Pengesahan aplikasi Kartu Kredit, kartu kredit akan dikirim ke alamat pemohon menggunakan Pos/kurir.
  5. Apabila Kartu Kredit anda disetujui dan telah anda terima, baca Petunjuk Pengaktifan Kartu Kredit dalam Buku panduan.
  6. Kartu kredit Siap untuk Digunakan.
Untuk Pembuatan kartu kredit yang menggunakan sistem jaminan, bisa anda lakukan dengan cara menyimpan uang jaminan pada bank yang bersangkutan, Sebelumnya tanyakan terlebih dahulu untuk proses pembuatan di bagian Kartu Kredit . Sebagai contoh, adalah Pembuatan Kartu Kredit BCA dengan sistem jaminan, para pembuat kartu kredit selain mengisi formulir dari Syarat Pembuatan kartu kredit mereka juga mengijinkan Uang yang ada di tabungan mereka untuk dijadikan jaminan (akan di Lock/Kunci sebagai jaminan) selama 1 tahun. Apabila anda lancar dalam menggunakan kartu kredit uang jaminan bisa di lepas pada waktu yang ditentukan. Cara Bikin Kartu Kredit ini biasanya lebih cepat karena pada dasarnya uang kita yang kita jadikan limit pada kartu kredit yang kita miliki.
C.7 Point Penting setelah memiliki Kartu Kredit :
  1. Manfaatkanlah Kartu Kredit yang anda miliki dengan Benar dan Bijaksana.
  2. Selalu Pertahankan Nilai Kredit bagi Kartu kredit anda. Nilai kredit yang baik memudahkan anda dalam pengajuan kredit lain nantinya.
  3. Kenalilah fitur pada kartu kredit anda dan sesuaikan dengan kebutuhan.
  4. Berhati-hatilah menggunakan kartu kredit (Safety Use). Gunakanlah Kartu kredit dengan perencanaan yang matang dan jelas. Terlalu banyak hutang akan membuat nilai kredit anda menjadi turun dan dapat mempengaruhi para kreditor.
  5. Bangunlah sebuah reputasi kredit yang memudahkan aplikasi anda selalu di setujui. Para Kreditor melaporkan semua sepak terjang dan reputasi anda dalam menggunakan kartu kredit pada biro kredit. Mereka saling berbagi informasi pada saat anda membuat aplikasi pinjaman. Informasi tentang diri anda digunakan untuk menghitung skor kredit anda.
  6. Jangan Bikin Kartu Kredit terlalu banyak. Tidak perlu waktu lama untuk memiliki banyak kartu kredit apabila anda telah memiliki satu kartu kredit, maka kartu yang lain akan segera menyusul. Memiliki terlalu banyak kartu mempengaruhi skor kredit anda, dan juga mempersulit anda untuk mengurus pembayaran tagihan.
  7. Berhati-hatilah dalam membuat dan menutup kartu kredit anda. Menutup kartu kredit dapat mempengaruhi citra kredit anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar